Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Bupati Aceh Barat Siap Lantik Kembali Sejumlah Keuchik Dipecat

Bupati Aceh Barat Siap Lantik Kembali Sejumlah Keuchik Dipecat
Bupati Aceh Barat, Ramli Ms melakukan sidak di pasar bina usaha Meulaboh. Foto: Uci Setiawan/anteroaceh.com

MEULABOH, ANTEROACEH.com - Bupati Aceh Barat Ramli Ms mengaku siap melantik kembali sejumlah keuchik yang sudah diberhentikan beberapa waktu lalu, asalkan disetujui dan diusul kembali oleh Tuha Peut masing-masing Gampong.

Terkait adanya surat permintaan Pemerintah Aceh agar Keuchik yang sudah diberhentikan agar dilantik kembali sesuai putusan Mahkamah Agung (MA), ia menjelaskan bahwa pemecatan itu dilakukan atas dasar permintaan masyarakat desa dan perangkat desa Tuha Peut.

"Masalah pemecatan itu kan berdasarkan permintaan masyarakat dan Tuha Peut. Karena lembaga tertinggi di pemerintah desa ada di tangan Tuha Peut. Setelah adanya surat permintaan pelantikan kembali itu, kita sudah surati camat untuk duduk bersama Tuha Peut untuk mengusulkan kembali keuchik yang sudah diberhentikan," terang Ramli kepada wartawan di saat melakukan sidak pasar, Kamis (28/5/2020).

Namun hingga saat ini, kata Ramli, ia belum menerima jawaban dari Tuha Peut masing-masing desa.

"Menurut mereka ngomong-ngomong, mereka tidak menerima pelantikan karena keuchik ini sudah melanggar sumpah yaitu melakukan penyelewengan," tambahnya.

Ia menyarankan agar wartawan mengecek langsung ke kepolisian, Kejaksaan dan Inspektorat setempat untuk mengetahui berapa banyak uang negara yang berhasil diselamatkan karena dugaan korupsi yang dilakukan sejumlah oknum Keuchik yang diberhentikan.

"Memang mereka sudah mengembalikan uangnya ada kwitansinya, tapi hukum masih belum selesai. Karena masyarakat sudah menandai dia melanggar sumpah," tutup Ramli.

iklan grapela dan tangga seribu
Iklan Batu Berlayar dan masjid tuo

Komentar

Loading...