Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Bupati Abdya Akan Luncurkan Pupuk Ayahwa

Bupati Abdya Akan Luncurkan Pupuk Ayahwa
Foto padi yang diunggah oleh akun facebook @akmal ibrahim

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com - Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim, SH akan segara meluncurkan pupuk organik hasil karya tangannya sendiri untuk memenuhi kebutuhan petani. Nantinya pupuk itu akan dinamai pupuk Ayahwa. 

Hal itu diketahui ANTEROACEH.com dalam unggahan status facebook orang nomor satu di Abdya tersbeut.

Akmal menyebutkan, tujuan dirinya meluncurkan pupuk tersebut untuk mengantisipasi keputusan Pemerintah pusat yang akan memangkas anggaran untuk pupuk bersubsidi sebanyak Rp 11 triliun di tahun 2020 dalam APBN.

"Pupuk ayahwa adalah antisipasi terhadap keputusan pemerintah yang sudah memotong subsidi pupuk dalam APBN 2020 sebanyak Rp 11 triliun. Ini adalah momentum kita kembali ke organik full agar kita lebih sehat, tanah makin subur, hasil juga meningkat," tulis Akmal yang sudah dibagikan sebanyak 20 kali oleh pengguna media sosial facebook, Rabu (25/12/2019).

Akmal mengaku bahwa dirinya sudah lama menggunakan pupuk organik buatannya sendiri itu namun saat ini masih dalam tahap penyempurnaan. 

Meskipun masih dalam tahap penyempurnaan, Akmal mengakui hasilnya sangat luar biasa, karena selama dia menggunakan pupuk organik itu, lahan tanahnya terus membaik dan subur serta hasil dari tahun ke tahun juga meningkat.

"Tahun depan, pupuk ini akan saya luncurkan pada kawan-kawan petani, sehingga biaya pupuk dan obat-obatan akan lebih murah sekitar 80 hingga 90 persen," jelas Akmal.

Hasilnya, kata dia, padi ABT yang ditanam sekarang ber-evolusi makin bagus. Dimana umur awalnya sekitar 115 sampai 120 hari. Namun setelah memakai pupuk ayahwa perkiraan 90 hari.

Selain itu, sambungnya, malainya (padi) yang semula 150 hingga 200, sekarang sudah 250 hingga di atas 300. 

Komentar

Loading...