Buaya Sepanjang Empat Meter Masuk Perangkap di Aceh Singkil

Buaya Sepanjang Empat Meter Masuk Perangkap di Aceh Singkil
Foto: tangkapan layar video amatir yang direkam warga

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Seekor buaya air asin sepanjang empat meter akhirnya masuk perangkap milik Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Singkil, di Haloban, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil dan sedang dalam perjalanan menuju Banda Aceh.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto mengatakan sebelumnya mereka mendapatkan laporan dari masyarakat tentang adanya seekor buaya yang meresahkan karena mulai masuk ke wilayah daratan atau area perkampungan.

"Jadi saya menurunkan tim ke sana untuk mengecek sekaligus untuk melakukan penanganan dan kemarin kami juga langung membawa kandang jebak," ucap Agus Arianto saat dihubungi anteroaceh.com, Sabtu (28/11/2020).

Dikatakannya, buaya berhasil ditangkap dan dievakuasi dengan selamat walaupun terdapat beberapa bekas luka di bagian tubuhnya yang tidak diketahui penyebabnya. Saat ini buaya itu sedang di bawa menuju Banda Aceh.

"Sebenarnya kalau dilihat, habitatnya buaya tersebut memang tidak jauh dari desa tersebut, tetapi karena sudah berkonflik dengan masyarakat makanya kita lakukan evakuasi," tambahnya.

Saat tiba di Banda Aceh nanti kata Agus, biasanya akan dititipkan ke lembaga-lembaga konservasi yang ada untuk kemudian dijadikan sebagai edukasi dan literasi agar masyarakat dapat lebih mengenal satwa tersebut.

Ia berharap kedepannya kita sebagai manusia dapat selalu menyesuaikan diri dengan kondisi atau habitat satwa liar di sekitar dengan menjaga, berhati-hati serta membatasi kegiatan jika memang itu daerah habitatanya.

"Untuk satwa liar apa saja, bukan hanya buaya. Jangan sampai merusak habitatnya karena tentu saja akan menimbulkan konflik," pungkas Agus Arianto.

Komentar

Loading...