Bu Lekat Molod Untuk Pegguna Jalan yang Melintas

Bu Lekat Molod Untuk Pegguna Jalan yang Melintas

BLANGPIDIE, Antero Aceh - Pemuda Mata Ie bersama santri ponpes Raudhatul Jannah membagikan bu lekat molod atau nasi ketan yang bungkus daun pisang kepada pengguna jalan yang melintasi jalan Nasional Tapaktuan-Meulaboh, Minggu (20/1/2019).

Pembagian bu lekat tersebut dalam rangka memperingati Maulid (molod-red) Nabi Besar Muhammad SAW yang dilaksanakan Pondok Pesantren Raudhatul Jannah gampong Mata Ie, Kecamatan Blangpidie.

Titik lokasi pembagian di jalan Iskandar, Gampong Geulempang Payong, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Abdya, tidak ada pengguna jalan yang terlewat semua dibagikan.

Kegiatan seperti ini kerap kita temui jika melintas di Abdya pada bulan molod, hal tersebut sudah menjadi tradisi disana, seru bukan.

Aroma ketan yang dibagikan begitu harum karena dibalut dengn daun pisang yang telah didiang sebelumnya.

Ketua pemuda gampong Mata Ie, Syahrol mengatakan, pembagian bu lekat kepada pengguna jalan merupakan tradisi dalam rangka Maulid Nabi besar Muhammad SAW.

"Pembagian bu lekat ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh pemuda Mata Ie saat memperingati Maulid. Kegiatan seperti ini bukan hanya di pesantren Raudhtul Jannah saja, namun dimana saja ada maulid Inysaallah pemuda selalu melaksanakannya," ungkap Syahrol kepada Antero Aceh.

"Semoga kekompakan dan tradisi berbagi ini bisa terus dijaga dan menjadi contoh bagi generasi berikutnya," harap Syahrol.(Yas)

Komentar

Loading...