Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

BPJS Kesehatan Verifikasi Puskesmas Pulau Banyak Singkil Sebagai Puskesmas Penerima Kapitasi Khusus Daerah Terpencil

BPJS Kesehatan Verifikasi Puskesmas Pulau Banyak Singkil Sebagai Puskesmas Penerima Kapitasi Khusus Daerah Terpencil

SINGKIL, ANTEROACEH.com – Mendapatkan pelayanan kesehatan merupakan hak atas setiap orang, tanpa terkecuali peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Hal tersebut haruslah menjadi komitmen untuk semua lapisan stakeholder, begitu juga BPJS Kesehatan sebagai Badan Penyelenggara Program JKN-KIS.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehtan Cabang Tapaktuan, Teuku Mirza mengatakan, untuk memastikan fasilitas kesehatan memberikan layanan terbaik kepada peserta, sebagaimana Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 90/2015 dan Nomor 52/2016, BPJS Kesehatan menyusun pedoman yang mengatur tentang pelaksanaan pembayaran kapitasi khusus bagi FKTP pada daerah terpencil dengan 5 indikator komitmen yang harus dicapai oleh FKTP penerima kapitasi khusus.

Adapun indikatornya yaitu ketersediaan atau penambahan tenaga kesehatan, ketersediaan atau penambahan sarana prasarana, pengiriman tenaga kesehatan, peningkatan capaian rate kunjungan, peningkatan peserta prolanis terdaftar.

“Peraturan Direksi BPJS Kesehatan lahir sebagai tindaklanjut atas rekomendasi hasil kajian efektifitas sistem pembayaran kapitasi khusus di faskes daerah terpencil dan kepulauan tahun 2018, dimana kapitasi khusus belum berdampak signifikan untuk peningkatan utilisasi dan kapabilitas FKTP penerima kapitasi khusus”, terang Mirza dalam wawancara dengan Tim Jamkesnews pada Selasa (1/12/2020)

Ia mengatakan, dibutuhkan dukungan dan komitmen FKTP dan Dinas Kesehatan untuk peningkatan layanan di kawasan terpencil serta tercapainya indikator komitmen FKTP kawasan terpencil guna memastikan peserta yang berada dalam lokasi terpencil sekalipun dapat mengakses hak atas pelayanan kesehatan.

Kepala Puskesmas Pulau Banyak, Herdianto menyambut baik kunjungan BPJS Kesehatan bersama Dinas Kesehatan Aceh Singkil dalam rangka proses verifikasi Puskesmas Pulau Banyak sebagai Fasilitas Kesehatan penerima kapitasi khusus.

Ia berharap dengan dilakukannya pembayaran kapitasi khusus kepada Puskesmas Pulau Banyak dapat membantu mereka dalam memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada peserta JKN-KIS. 

“Pemenuhan tenaga medis khususnya dokter tentu akan sangat berdampak pada layanan yang akan diberikan oleh fasilitas kesehatan dan disisi lain akan meningkatkan kesempatan masyarakat untuk memperoleh layanan kesehatan yang lebih baik.” jelasnya. 

Komentar

Loading...