Update COVID-19 Aceh

0 ODP
0 PDP
0 Positif
0 Meninggal
0 Sembuh

-

Sumber: -

BPJS Kesehatan Terapkan Kebijakan Pembayaran Kapitasi

BPJS Kesehatan Terapkan Kebijakan Pembayaran Kapitasi

TAKATUAN, ANTEROACEH.com – Pelayanan di tingkat primer merupakan kunci dari efektivitas pembiayaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Untuk itu diperlukan monitoring dan evaluasi guna meningkatkan mutu pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) melalui penerapan pembayaran kapitasi berbasis pemenuhan komitmen pelayanan (KBK).

Ada tiga indikator KBK yaitu; pencapaian angka kontak, Rasio Peserta Prolanis Terkendali (RPPT), dan  Rasio Rujukan Rawat Jalan Kasus Non Spesialistik (RRNS).

Dalam pertemuan monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan setiap tiga bulan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan, Asfurina menyampaikan bahwa pada tahun 2020 ini, BPJS Kesehatan berharap hasil pencapaian terhadap setiap indikator yang ada akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

“Dengan begitu, harapannya mutu pelayanan terhadap peserta JKN-KIS pada FKTP di wilayah Kabupaten Aceh Selatan akan semakin baik,” ungkap Asfurina dalam kegiatan pertemuan Monitoring dan Evaluasi KBK Aceh Selatan pada Kamis (28/5/2020)

Jika dilihat dari setiap indikator, memang belum ada satu FKTP pun yang berhasil mencapai 100% indikator KBK untuk pembayaran kapitasi, namun memang terdapat FKTP dengan pencapaian positif dan kami berharap dapat memberikan tips-tips kepada FKTP lain sehingga bulan-bulan berikutnya semua FKTP bisa mencapai indikator seperti yang diharapkan, tambah Asfurina.

Sesuai dengan kebijakan BPJS Kesehatan, dalam masa pandemi Covid-19 pembayaran kapitasi Bulan April, Mei dan Juni tahun 2020 mengacu pada hasil pencapaian KBK bulan Februari 2020 dan ketentuan tersebut berlaku sementara waktu dan akan dilakukan evaluasi dengan melihat perkembangan kondisi darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia sesuai aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sementara itu, dr. Mauyana selaku Ketua TKMKB Cabang Tapaktuan menyampaikan terimakasih atas kebijakan yang diambil BPJS Kesehatan selama masa darurat Covid-19.

“Terima kasih pula atas dorongan yang selalu diberikan kepada Fasilitas Kesehatan dan Dinas Kesehatan untuk menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khusus nya melalui feedback-feedback setiap bulannya atas pencapaian terhadap berbagai indikator sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Melalui data-data tersebut kami optimis dapat membangun sistem pelayanan kesehatan yang lebih baik kedepannya,” ucap dr. Mauyana.

Komentar

Loading...