BPJS Kesehatan Tapaktuan Gelar Rekonsiliasi Demi Pastikan Akurasi Data

BPJS Kesehatan Tapaktuan Gelar Rekonsiliasi Demi Pastikan Akurasi Data

BLANGKEJEREN, ANTEROACEH.com – BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan melaksanakan kegiatan pertemuan dalam rangka rekonsiliasi data peserta TNI/POLRI di Kabupaten Gayo Lues pada Rabu (31/3/2021).

Kegiatan ini sebagai bentuk upaya BPJS Kesehatan dalam melakukan sinkronisasi dan pembaruan data peserta dan anggota keluarga pada masing-masing satuan kerja instansi TNI/Polri yang telah terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

”Proses rekonsiliasi ini penting dilaksanakan guna menjaga akurasi data pada masterfile yang tujuan utamanya adalah pemenuhan hak peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Pertemuan ini juga dilaksanakan sebagai wadah bagi BPJS Kesehatan untuk menyampaikan informasi terkini seputar Program JKN-KIS. Salah satunya adalah terkait layanan administrasi di masa pandemi yang dapat diakses oleh peserta secara online,” terang Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan Abdurrahman.

“Dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN, peserta dapat melakukan perubahan data secara mandiri tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Peserta juga dapat memanfaatkan fitur antrian online yang akan memudahkan peserta untuk mengakses pelayanan kesehatan tanpa harus menunggu lama di fasilitas kesehatan. Selain itu terdapat pula Fitur Kartu KIS Digital, sehingga peserta tidak perlu khawatir jika tidak membawa kartu, serta yang terbaru terdapat Fitur Konsultasi Dokter sehingga peserta tidak perlu repot datang ke fasilitas kesehatan untuk melakukan konsultasi seputar masalah kesehatannya,” jelas Abdurrahman.

Pada kesempatan ini Abdurrahman juga menyampaikan bahwa sebagai salah satu upaya meminimalisir penyebaran virus Covid-19, BPJS Kesehatan menyediakan kanal layanan administrasi dan pengaduan non tatap muka diantaranya melalui Pandawa (Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp) dan BPJS Kesehatan Care Center 1500400.

Kepala Bagian Sumber Daya Polres Gayo Lues, AKP Aswan menyatakan proses rekonsiliasi ini penting dilaksanakan guna menjaga ketepatan data.

“Dengan dilaksanakannya proses rekonsiliasi, menjadi kontrol bagi kami dalam menjaga akurasi data personel. Kami juga akan mengimbau kepada personel untuk melaporkan segala bentuk perubahan data ke BPJS Kesehatan, sehingga nantinya tidak ada hak-hak personel yang terabaikan,” tutup Aswan.

Komentar

Loading...