BPJS Kesehatan Siagakan Petugas PIPP di Rumah Sakit Mitra

BPJS Kesehatan Siagakan Petugas PIPP di Rumah Sakit Mitra

SINGKIL, ANTEROACEH.com – BPJS Kesehatan menyiagakan petugas sistem Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) mengenai Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di rumah sakit mitra kerja BPJS Kesehatan.

“Mengingat sebagian besar keluhan selama ini datang dari peserta yang berobat ke fasilitas kesehatan, maka sistem PIPP di rumah sakit dibentuk untuk memudahkan peserta dalam menyampaikan keluhannya secara langsung maupun sekedar untuk mendapatkan layanan informasi.

Penguatan sistem selalu kita upayakan melalui sosialisasi secara berkala untuk tetap memberikan informasi terkini kepada petugas,” ucap Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan, Abdurrahman dalam kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Singkil, Rabu (24/2/2021).

Selain dapat menyampaikan keluhan secara langsung, BPJS Kesehatan menyediakan beragam kanal pengaduan kepada peserta JKN-KIS yang dapat diakses secara daring oleh peserta. Antara lain melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500400, aplikasi Lapor! di website BPJS Kesehatan dan juga aplikasi Mobile JKN.

Dengan terus berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan, RSUD Aceh Singkil terus berbenah ke arah yang lebih baik dalam rangka memberikan wadah kepada pasien untuk menyampaikan keluhan dan sarana dalam mendapatkan informasi seputar JKN-KIS.

"Petugas yang kami tunjuk sebagai Person In Charge (PIC) diharapkan dapat mengoptimalkan perannya sebagai  petugas PIPP, dengan mempermudah peserta JKN-KIS di rumah sakit dalam pemberian informasi maupun menangani pengaduan dari peserta JKN-KIS di rumah sakit tanpa perlu repot-repot datang ke Kantor BPJS Kesehatan,” terang Direktur RSUD Aceh Singkil dr. Khuzaini, Sp.B

Untuk memudahkan peserta, BPJS Kesehatan juga menempatkan personel yang dikenal dengan Petugas BPJSSatu! yang dapat dijumpai langsung maupun melalui telepon yang tertera pada poster-poster di rumah sakit. Petugas BPJSSatu! akan siap membantu melayani kebutuhan informasi dan pengaduan peserta di rumah sakit, sehingga diharapkan kepuasan peserta akan semakin meningkat.

Komentar

Loading...