BPJS Kesehatan Sempurnakan Data PBI-JK

BPJS Kesehatan Sempurnakan Data PBI-JK

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Guna penyempurnaan dan pemutakhiran data kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan melaksanakan pertemuan terkait pemutakhiran data peserta Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK) di wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

Kegiatan dilaksanakan bersama Dinas Sosial dan Disdukcapil Kabupaten Aceh Selatan, Jum’at (25/6/2021).

Kegiatan itu bertujuan untuk mencocokkan data penduduk penerima bantuan iuran jaminan kesehatan yang dibiayai oleh pemerintah. 

Data kepesertaan dan pembayaran iuran peserta JKN-KIS harus disesuaikan dengan data dari Disdukcapil dan Dinas Sosial.

“Data penduduk itu selalu fluktuatif dan dinamis. Pasti terjadi penambahan dan pengurangan, sehingga perubahan itulah yang harus selalu kita koordinasikan dengan Disdukcapil dan juga Dinas Sosial,” terang Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan, Abdurrahman.

Secara keseluruhan berdasarkan data cakupan kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan sampai dengan bulan Juni 2021, dari total jumlah peserta terdaftar di Kabupaten Aceh Selatan, hampir 35% penduduk adalah peserta PBI-JK. Sehingga akurasi data menjadi penting agar bantuan dapat diberikan kepada sasaran yang tepat.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Aceh Selatan, Iwan Masdi menegaskan tugas Disdukcapil sesuai amanat peraturan perundang-undangan adalah yang terkait dengan validitas data kependudukan berupa data NIK, nama dan alamat, sehingga jika memang diperlukan validasi terhadap data kependudukan pihaknya siap untuk membantu.

“Kita akan bantu melakukan validasi terhadap data-data penduduk dengan NIK yang null dan tidak lengkap, tentunya bersama dengan Dinas Sosial melalui TKSK yang berkaitan dengan berhak atau tidak berhaknya seseorang untuk mendapatkan hak sebagai PBI-JK. Sehingga akan kita dapatkan data yang bersih dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata Iwan.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di 3 Kabupaten/Kota lainnya di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan yaitu Aceh Singkil, Kota Subulussalam dan Kabupaten Gayo Lues, dengan melibatkan Dinas Sosial dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di masing-masing Kabupaten/Kota.

Iklan Bank Aceh Idul Adha 1442

Komentar

Loading...