Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

BPJS Kesehatan Minta FKTP di Gayo Lues Tingkatkan Kualitas Pelayanan

BPJS Kesehatan Minta FKTP di Gayo Lues Tingkatkan Kualitas Pelayanan

GAYO LUES, ANTEROACEH.com – Mengawali tahun 2020, BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai isi perjanjian kerja sama (PKS) dengan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di Kabupaten Gayo Lues yang disampaikan oleh Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan, Teuku Mirza, Rabu (8/1/2020).

Teuku Mirza menjelaskan, FKTP mempunyai peran yang sangat penting, karena menjalankan fungsi sebagai gatekeeper tentunya harus bisa menuntaskan pelayanan kesehatan yang diberikan peserta.

Menurutnya, FKTP juga harus mengoptimalkan sarana dan prasarana serta meningkatkan kualitas layanan kepada tenaga medisnya melalui dana kapitasi yang telah diperoleh.

“Kami BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan sebelumnya mengucapkan terimakasih kepada seluruh FKTP di Kabupaten Gayo Lues atas kerjasama yang baik selama ini. Tentu kami menyadari masih banyak yang perlu sama-sama kita dibenahi agar pelayanan bagi peserta JKN-KIS semakin baik kedepannya dan ini merupakan tantangan bagi kita kedepannya” ungkap Mirza.

Ia menyampaikan terdapat beberapa ketentuan terbaru di dalam Perjanjian Kerja Sama di tahun 2020, dimana diantaranya adalah kewajiban BPJS Kesehatan dan FKTP untuk memastikan seluruh jajarannya berkomitmen untuk tunduk dan taat pada aturan terkait dengan anti gratifikasi berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan serta penambahan klausul terkait Monitoring Evaluasi audit kesesuaian rujukan FKTP yaitu audit terhadap kasus rujukan spesialistik dari FKTP yang ditegakkan sebagai kasus non spesialistik di FKRTL.

Menambahkan apa yang disampaikan oleh Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan, Asfurina selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan mengungkapkan, BPJS Kesehatan mengharapkan dukungan terhadap Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terus ditunjukkan oleh FKTP serta Stakeholder melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia serta pemenuhan sarana dan prasanana kesehatan yang tujuannya tidak lain adalah mengoptimalkan peran FKTP sebagai Gate Keeper dimana mempunyai fungsi kontak layanan peserta (First Contact), pelayanan berkelanjutan (Continuity), pelayanan paripurna (Comprehensiveness) dan koordinasi pelayanan (coordination).

Menyambut apa yang disampaiakan oleh Kepala BPJS Kesehatan, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues, Riadus Salihin, S.KM mengatakan pihaknya memiliki tugas dan tanggungjawab untu melaksanakan pengawasan, pemantauan dan pembinaan peningkatan potensi/mutu sumber daya kesehatan baik Pemerintah, swasta.

“Saat ini Kabupaten Gayo Lues tengah dalam tahap tersebut, kami selalu berupaya dalam peningkatan pendidikan dan keterampilan tenaga kesehatan dan dukungan dari BPJS Kesehatan sangat kami butuhkan untuk mencapai tujuan tersebut,” ujarnya sekaligus menutup kegiatan.

iklan grapela dan tangga seribu
Iklan Batu Berlayar dan masjid tuo

Komentar

Loading...