Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Perkuat Komitmen Layanan

BPJS Kesehatan Lhokseumawe Teken MoU Dengan FKTP

BPJS Kesehatan Lhokseumawe Teken MoU Dengan FKTP
Penandatanganan perjanjian kerja sama antara BPJS Kesehatan cabang Lhokseumawe dan FKTP setempat. Foto: Istimewa

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Lhokseumawe menggelar pertemuan koordinasi dan penguatan komitmen layanan, Kamis (30/1/2020). Hal itu untuk memperkuat komitmen layanan di tahun 2020.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) itu didahului dengan evaluasi layanan tahun 2019. Acara itu dihadiri seluruh pimpinan FKTP se-Kota Lhokseumawe, pimpinan klinik pratama se-Kabupaten Aceh Utara dan pihak Dinas Kesehatan Lhokseumawe.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe, Manna dalam kata sambutannya mengatakan, substansi PKS di tahun 2020 tidak banyak perubahan, namun pihaknya tetap mengharapkan penguatan komitmen demi pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada seluruh peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Memang isinya (PKS) tidak banyak berubah, namun kita perlu kembali menyamakan persepsi dan pemahaman atas apa yang sudah kita sepakati. Masing-masing kita harus paham apa yang menjadi kewajiban yang harus dijalankan, penguatan fungsi faskes primer FKTP untuk layanan-layanan dasar juga masih menjadi perhatian kita bersama,” ujar Manna.

Manna juga berharap, pihak FKTP mampu melakukan inovasi-inovasi untuk kemudahan layanan peserta, di antaranya penerapan sistem antrean elektronik yang terhubung ke aplikasi Mobile JKN.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, Said Alam Zulfikar di lokasi yang sama  menyebutkan, pihaknya terus memonitoring dan mengevaluasi kerjasama Puskesmas dengan BPJS Kesehatan, agar mampu meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

“Ada beberapa yang perlu ditingkatkan sesuai dengan peraturan-peraturan terbaru, misalnya terkait dengan sistem pembayaran Kapitasi Berbasis Komitmen yang sudah cukup bagus. Bagaimana dengan sistem kapitasi itu kita bisa mengontrol Puskesmas dalam memberikan layanan secara profesional dan kompetensi yang dimiliki,” ungkap Said.

Kata Said, pihaknya sangat mendukung penerapan sistem antrean elektronik. “Kami akan coba menginventaris kembali, kira-kira apa kebutuhan sarana dan prasarana untuk dipenuhi agar sistem antrean elektronik ini dapat kita terapkan dengan baik,” pungkas Said. || CUT ISLAMANDA

iklan grapela dan tangga seribu
Iklan Batu Berlayar dan masjid tuo

Komentar

Loading...