Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

BPJS Kesehatan Distribusikan Kartu JKN-KIS melalui Perangkat Desa dan Bidan Desa

BPJS Kesehatan Distribusikan Kartu JKN-KIS melalui Perangkat Desa dan Bidan Desa

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Kartu Indonesia Sehat (KIS) merupakan identitas bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk mengakses pelayanan kesehatan. 

Untuk memastikan KIS terdistribusi dengan baik hingga ke tangan peserta BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan menggandeng perangkat desa untuk proses pendistribusian kartu JKN-KIS.

Di masa pandemi Covid-19, peserta diharapkan dapat melakukan proses perubahan data melalui kanal digital yang disediakan oleh BPJS Kesehatan seperti Care Center BPJS Kesehatan 1500400, Mobile JKN dan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa). 

Begitupun dengan kartu identitas kepesertaan, peserta dapat mengaksesnya melalui aplikasi Mobile JKN. Dengan pemanfaatan sistem digitalisasi seperti yang dilaksanakan saat ini, peserta dapat menggunakan layanan kartu digital pada Aplikasi Mobile JKN untuk dapat mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

“Dalam rangka meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan akan melakukan proses distribusi kartu KIS kepada peserta yang mengakses pelayanan administrasi melalui kanal layanan digital, sehingga fisik kartu juga akan dimiliki oleh peserta,” terang Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan, Abdurrahman, kepada Tim Jamkesnews. kamis (10/12/2020).

Proses pendistribusian kartu KIS dilaksanakan dengan menggandeng perangkat desa dan bidan desa sebagai pihak yang paling dekat dengan masayarakat. 

BPJS Kesehatan akan melakukan distribusi kepada seluruh peserta yang berada di wilayah kerja Kantor Cabang Tapaktuan yaitu Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Singkil, Kota Subulussalam dan Kabupaten Gayo Lues.

“Kami ucapkan terima kasih kepada perangkat desa dan bidan desa yang telah bersedia untuk bekerjasama dalam membantu mendistribusikan kartu KIS kepada peserta JKN diwilayah kerjanya. Semoga dengan keterlibatannya mempermudah dan mempercepat proses pendistribusian kartu JKN-KIS sampai kepada peserta atau masyarakat,” ungkap Abdurrahman.

Sementara itu Sekdes Gampong Hilir, Kecamatan Tapaktuan, Martin, menyatakan bahwa pihaknya antusias dalam melaksanakan kegiatan pendistribusian ini. 

Ia berharap KIS tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjamin biaya pelayanan kesehatan jika sewaktu-waktu mereka jatuh sakit. Sampai dengan minggu ke 2 pelaksanaan distribusi KIS, telah dilakukan distribusi kepada sebanyak 85% peserta sesuai dengan daftar.

“Kami akan selalu siap bekerjasama dan membantu BPJS Kesehatan dalam mengimplementasikan program JKN-KIS,” ujarnya.

Komentar

Loading...