Update COVID-19 Aceh

0 ODP
0 PDP
0 Positif
0 Meninggal
0 Sembuh

-

Sumber: -

BPJS Kesehatan dan FKTP Saling Sharing Dorong Pencapaian KBK

BPJS Kesehatan dan FKTP Saling Sharing Dorong Pencapaian KBK

SINGKIL, ANTEROACEH.com – Guna meningkatkan mutu pelayanan peserta di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yaitu Puskesmas, klinik pratama, dan dokter praktek perorangan yang bekerjasama.

BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan telah menerapkan sistem pembayaran Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBK) agar implementasi sistem tersebut dapat berjalan optimal, secara rutin monitoring dan evaluasi pun selalu dilakukan melalui rapat pembahasan dengan melibatkan para pemangku kepentingan terkait.

Mengingat masa pandemi Covid-19 dan memperhatikan protokol kesehatan maka kegiatan monitoring dan evaluasi KBK triwulan I Kabupaten Aceh Singkil dilaksanakan melalui video conference, Jum’at (29/5/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkuat sistem layanan di FKTP sebagai gerbang utama peserta JKN-KIS dalam mengakses pelayanan kesehatan. Kedepannya FKTP sebagai ujung tombak sekaligus sebagai gate keeper dalam pelayanan kesehatan di masyarakat harus terus meningkatkan kompetensi baik SDM maupun sarana dan prasarana dalam mendukung sistem Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBK).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan, Asfurina berharap kegiatan Pertemuan Monev KBK dapat menjadi bahan evaluasi bagi FKTP terhadap pencapaian KBK belum optimal agar termotivasi dalam meningkatkan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS sesuai komitmen sebagaimana dalam perjanjian kerjasama yang telah disepakati pada awal tahun 2020 yang lalu.

Ia mengatakan, kegiatan ini  juga ditujukan agar antara BPJS Kesehatan dan FKTP dapat saling sharing atas kendala-kendala yang dihadapi di lapangan,

“Kami ingin peserta JKN-KIS puas ketika mendapat pelayanan di fasilitas kesehatan, oleh karenanya kami secara rutin memberikan hasil monitoring yang kami lakukan kepada fasilitas kesehatan dan juga Dinas Kesehatan dan stakeholder lainnya selaku pemangku kepentingan,” terang Asfurina.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Singkil, Erwin berharap agar FKTP dapat memaksimalkan pelayanan dan tetap dapat menjaga kualitas layanan walaupun tanpa kontak langsung dengan peserta dalam masa pandemic covid-19.

Ia juga berpesan agar tenaga kesehatan tetap memperhatikan keselamatan melalui kelengkapan sarana Alat Pelindung Diri (APD) dan menjalankan protokol kesehatan.

“Tidak dipungkiri bahwa di tengah masa pandemi Covid-19 ini FKTP terdampak konsekuensi penurunan pencapaian indikator KBK, khususnya pada indikator angka kontak. Kami mengapresiasi langkah yang diambil oleh BPJS Kesehatan atas pembayaran Kapitasi Bulan April, Mei dan Juni tahun 2020 yang mengacu pada hasil pencapaian KBK bulan Februari 2020,” tutup Erwin.

Komentar

Loading...