Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan Lakukan Spot Chek Untuk Pastikan Peserta Telah Menerima Kartu KIS

BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan Lakukan Spot Chek Untuk Pastikan Peserta Telah Menerima Kartu KIS

BLANGKEJEREN, ANTEROACEH.com – BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan melakukan kegiatan spot check untuk memastikan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah menerima Kartu Indonesia Sehat (KIS). 

Hal tersebut dilaksanakan untuk memastikan kartu JKN-KIS tersebut khususnya peserta segmen Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK) telah didistribusikan tepat sasaran.

Kegiatan dilaksanakan dengan melakukan kunjungan ke rumah warga penerima kartu KIS sesuai dengan daftar distribusi. Selain itu, kegiatan spot check juga dimanfaatkan untuk memberikan informasi langsung kepada peserta seputar program JKN-KIS dan kemudahan akses layanan Program JKN-KIS berbasis digital.

"Spot check ini dilaksanakan untuk memastikan identitas peserta pada kartu seperti nama, tempat tanggal lahir, Nomor Identitas Kependudukan (NIK) dan alamat telah sesuai dengan data peserta pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK)", terang Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Gayo Lues, Deni Wahyudi, kepada Tim Jamkesnews, Rabu (2/12/2020).

Melalui kegiatan spotcheck ini Deni menghimbau kepada warga untuk segera melaporkan ke BPJS Kesehatan apabila terjadi perubahan data kependudukan seperti kematian, kelahiran, serta perubahan susunan keluarga karena pernikahan dan lainnya, serta peserta yang belum mendapatkan kartu atau terjadi kesalah pada identitas diri.

Salah satu masyarakat Penerima distribusi KIS yang dikunjungi BPJS Kesehatan, Raesah (30) yang beralamat di Dusun Durian Daun, Desa Meloak Sepakat, Gayo lues mengatakan bahwa dirinya sangat antusias atas kunjungan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan. Raesah pun senang karena pihak dari BPJS Kesehatan langsung berkunjung memastikan peserta telah mendapatkan kartu KIS yang didistribusikan. 

Ia juga mengatakan sangat terbantu atas kunjungan ini sehingga dirinya dan masyarakat bisa mendapatkan informasi seputar program JKN terutama terkait alur pelayanan tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

“Saya hanya seorang ibu rumah tangga, keluarga kami hidup hanya dari hasil suami bertani. Saya merasa sangat bersyukur karena terdaftar sebagai peserta Program JKN-KIS dari Pemerintah yang gratis, Alhamdulillah”, ujar Raesah.

Tidak hanya di Kabupaten Gayo Lues, kegiatan spotcheck ini secara bertahap telah dilaksanakan di seuruh wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan yaitu Aceh Selatan, Aceh Singkil dan Kota Subulussalam.

Komentar

Loading...