Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Bobol Empat Toko, Dua Warga Langsa Diciduk Polisi

Bobol Empat Toko, Dua Warga Langsa Diciduk Polisi

LANGSA, ANTEROACEH.com - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Langsa berhasil menangkap dua orang pelaku pembobolan empat unit ruko. Menurut informasi, salah satu diantaranya merupakan residivis atas kasus yang sama.

Kedua pelaku yakni, SY (44) warga Gampong Blang Seunibong, Kecamatan Langsa Kota dan RS (37) warga Gampong Sungai Pauh, Kecamatan Langsa Barat.

Kapolres Langsa, AKBP Giyarto SH SIK, melalui Kasat Reskrim, Iptu Arief Sukmo Wibowo SIK, mengatakan, kedua pelaku berhasil diamankan pada hari Rabu, 16 September 2020 sekira Pukul 05.00 WIB  di pasar ikan Blang Seunibong, Kecamatan Langsa Kota.

"Kedua pelaku kita amankan karena telah melakukan tindak pidana pencurian empat ruko milik warga, sementara untuk membobol ruko, mereka menggunakan obeng dan satu balok kayu," ungkapnya melalui laporan yang diterima anteroaceh.com, Kamis malam (17/9/2020).

Lebih lanjut Arief menjelaskan, setelah melakukan pembobolan, pelaku langsung mengambil barang-barang berharga yang ada didalam ruko. Sedangkan uang itu digunakan oleh mereka untuk membeli sabu serta kebutuhan sehari-hari.

"Dari tangan pelaku, kita berhasil mengamankan uang senilai Rp 4 juta, yang merupakan hasil dari pencurian yang mereka lakukan," jelasnya.

Adapun keempat ruko berhasil dibongkar oleh kedua pelaku, toko kain May Tex, milik M. Nasir di Jalan Iskandar Sani, Gampong Daulat, Kecamatan Langsa. Pelaku berhasil menggasak isi toko tersebut pada hari Rabu tanggal 29 Juli 2020 sekira Pukul 09.00 WIB.

"Dari toko ini, kerugian ditaksir mencapai 71 juta rupiah. Kemudian, toko Puncak Timur, milik Ceng Yang di Gampong Teugoh, Kecamatan Langsa. Pelaku berhasil membobol toko ini pada hari Rabu tanggal 19 Agutus 2020 sekira Pukul 03.30 WIB, dan kerugian pemilik toko mencapai Rp 25 juta rupiah," jelas Arief.

Selanjutnya, pelaku juga berhasil masuk ke dalam toko beras milik Farid di Gampong Blang Seunibong, Kecamat Kota Langsa, pada hari Kamis tanggal 27 Agustus 2020. Dari aksi mereka kerugian Rp 5 juta.

"Tidak berhenti disitu, kedua pelaku ini kembali melakukan aksi pencurian di toko Alfamart jalan Ahmad Yani tepatnya di Gampong Teungoh, Kecamatan Langsa, mereka melakukan aksinya pada hari Kamis tanggal 10 September 2020, atas perbuatan keduanya ini, pemilik toko bernama Amir Ariansyah mengalami kerugian Rp 3 juta," terangnya Arief rinci.

Kini, katanya, kedua pelaku bersama barang bukti (BB) sudah diamankan di Mapolres Langsa guna penyelidikan lebih lanjut.

"Selain uang tunai Rp 4 juta dan obeng yang digunakan kedua pelaku melancarkan aksinya, kita juga berhasil mengamankan unit sepeda motor BL 4123 UAJ. Atas perbuatanya, kedua pelaku dijerat dengan pasal berbeda, untuk pelaku SY dijerat dengan Pasal 363 Ayat 2 Subs Pasal 65 KUHPidana. Sedangkan pelaku RS dengan Pasal 363 Jo 55, 56 KUHPidana," pungkasnya.

Komentar

Loading...