BMKG: Masyarakat di pesisir Pantai Waspada Gelombang Tinggi Saat Gerhana

BMKG: Masyarakat di pesisir Pantai Waspada Gelombang Tinggi Saat Gerhana

BANDA ACEH, ANTEROCEH.com - Masyarakat yang tinggal di pesisir pantai dihimbau wasapada gelombang tinggi saat gerhana bulan total yang diperkirakan terjadi hari ini Rabu (26/5/2020) sekitar pukul 15.45 WIB. 

Kepala Pusat Seimologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono mengatakan, masyarakat yang tinggal di pesisir atau di pinggir laut (pantai) perlu mewaspadai pasang air laut yang lebih tinggi dari pasang biasanya. 

"Selain itu, gerhana bulan total ini dapat disaksikan jika kondisi cuaca cerah - berawan dan aman disaksikan dengan mata telanjang, tanpa harus menggunakan kacamata khusus gerhana," kata Rahmat melalui siaran pers rilis seperti dikutip anteroaceh.com dari aplikasi BKMG. 

Kemudian, Rahmat, BMKG juga akan melakukan pengamatan gerhana bulan total 26 Mei 2021 yang diperkirakan sekitar satu jam lagi akan terjadi, di seluruh lokasi yang tersebar di Indonesia dengan menggunakan teleskop yang dipandukan dengan detektor dan teknologi informasi dan disebar luaskan. 

"Puncak gerhananya, disebagian besar wilayah Indonesia posisi bulan dekat dengan harizon dibagian timur sehingga memungkinkan pengamat dapat mengabadikan kejadian gerhana ini," pungkasnya.

Komentar

Loading...