Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Berpotensi Banjir dan Longsor di Aceh

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Berpotensi Banjir dan Longsor di Aceh

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com - Badan Meteorogi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG)  Klas I Sultan Iskandar muda Banda Aceh mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca dengan potensi hujan lebat hingga sangat lebat yang berdampak banjir dan longsor  di sejumlah kabupaten di Aceh.

Peringatan dini tersebut diumumkan pada Kamis (21/1/2020) malam  sekitar pukul 22.00 WIB dan berlaku  mulai Jumat esok hingga hingga hari Sabtu (23/1/2020).

Potensi wilayah yang akan berdampak dari cuaca buruk tersebut meliputi, sejumlah Kecamatan di Aceh Tenggara, masing-masing Kecamatan Babul Makmur, Lawe Sigala-gala, Seumadam , Babul Rahmah, Tanoh Alas, Bukit Tusam dan sejumlah kecamatan lainnya.

Kemudian di Aceh Tamiang, meliputi Kecamatan Rantau , Tenggulun, Tamiang Hulu, Kejuruan Muda, Bandar Pusaka, Sekerak, Kota Kuala Simpang, Karang Baru, Seureway , Bendahara, Banda Mulia  dan Manyak Payed.

Di Aceh Timur, hujan lebat akan terjadi di Bireum Bayeun, Peunaron, Serba Jadi, dan Simpang Air Jernih. Selanjutnya di Gayo Lues meliputi kecamatan Pining, Dabun Geulang dan Putri Betung. Kota Langsa juga akan mengalami cuaca buruk.

Di Aceh Utara akan terjadi di Kecamatan Matangkuli, Pirak Timu, Paya Bakong, Meurah Mulia, Nibong, Syamtalira Bayu, Lhoksukon, Langkahan, Geureudong Pase, Nisam, Simpang Kramat dan Sawang.

Cuaca buruk juga akan melanda kabupaten Singkil, Bener Meriah, Aceh Tengah, Kota Babussalam dan sebagian Kecamatan di Kabupaten Aceh Barat Daya.

“Kami imbau masyarakat   waspada terhadap potensi hujan lebat yang dapat berdampak pada potensi longsor dan potensi banjir,” ungkap Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Klas I Sultan Iskandar Muda Zakaria Ahmad

Menurutnya, data dan informasi tersebut bisa didapatkan di BMKG Signature yang dapat diakses melalui google search dan bisa mengikuti IG BMKG Stasiun Meteorologi Klas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh.

Komentar

Loading...