Bila Diizinkan Pemerintah, AIN akan Bangun Hunian untuk Pengungsi Rohingya

Bila Diizinkan Pemerintah, AIN akan Bangun Hunian untuk Pengungsi Rohingya
Ricky Hafid Direktur IAN bersama relawan di lokasi pengungsian imigran Rohingya

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com - Bantuan logistik bagi pengungsi Rohingya dibekas gedung Imigrasi Lhokseumawe masih terus berdatangan. Bahkan salah satu lembaga bantuan kemanusiaan  nasional  berencana akan membangun hunian sementara  bila diizinkan pemerintah setempat.

Direktur Aksi Insan Nusantara (AIN), Ricky Hafidz , Rabu (1/7/2020) menjelaskan pihaknya siap membantu pemerintah menangani pengungsi korban konflik di Myanmar tersebut. Bahkan siap membangun hunian sementara dari kayu.

“Kita berencana membantu membangun hunian sementara untuk pengungsi, namun itu semua tergantung kebijakan pemerintah, bila itu dibolehkan,” sebut Ricky.

Diterangkan juga, selain hunian sementara AIN juga akan menyediakan logistik harian bagi pengungsi dan kebutuhan lainnya.

Selama ini lembaga kemanusian tersebut sudah eksis di 18 daerah di Indonesia, selain Dejabotabek, di kawasan Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Termasuk menangani korban gempa Lombok dan Palu.

Khusus untuk Rohingya, selain bantuan kemanusian, pihaknya juga berupaya  mengkampanyekan  bahwa  stigma etnis minoritas di Rakhine sebagai etnis pembuat onar di negara lain adalah tidak tidak benar.

“Mereka adalah kelompok tertindas dan harus mendapakan bantuan dari semua pihak,termasuk masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Komentar

Loading...