Besok Gerhana Bulan Total, Masyarakat Abdya Dianjurkan Shalat  Khusuf

Besok Gerhana Bulan Total, Masyarakat Abdya Dianjurkan Shalat  Khusuf
Gerhana Bulan Super Blood Moon 26 Mei Berlangsung 5 Jam, Begini Prosesnya. Foto: Reuters

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com – Besok, Rabu (26/5/2021) diperkirakan akan terjadi Gerhana bulan total, berdasarkan informasi dari tim Falakiyah Kemenag Aceh Gerhana akan terjadi sekitar pukul 15.47 WIB dan puncaknya sekitar pukul 18.18 WIB.

Untuk masyarakat dianjurkan melaksanakan shalat khusuf saat gerhana bulan berlangsung.

Anjuran shalat khusuf tersebut tertuang dalam surat edaran Kemenag RI nomor: B-1753/kw.01.6/BA.03/05/2021, perihal gerhana bulan total dan seruan shalat sunnah khusuf.

Kasi Bimas, Kankemenag Abdya, M. Yatim. Foto : Ilyas/anteroaceh.com

Kepala Kantor Kemenag Abdya, Drs. H. Salihin Mizal melalui Kasi Bimas, M. Yatim mengatakan, Kemenag Aceh sudah mengeluarkan surat ketetapan fenomena gerhana bulan total yang bakal melintasi langit Aceh besok. 

"Gerhana bulan diperkirakan akan terjadi sejak pukul 15.47 WIB yang diawali dengan gerhana bulan penumbra. Kemudian awal gerhana bulan total akan terjadi pada pukul 18.11 WIB, puncaknya pada pukul 18:18 WIB, dan berakhir pada pukul 18.25 WIB. Selanjutnya akhir penumbra terjadi pada pukul 20:39 WIB," ungkap M. Yatim, Selasa (25/5/2021).

Gerhana bulan ini, kata dia, akan terjadi selama lebih kurang lima jam dua menit jika dihitung sejak terjadinya gerhana penumbra dan gerhana total. 

"Berdasarkan informasi dari tim Falakiyah Kemenag Aceh, gerhana ini dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia," ujarnya.

M. Yatim menyebutkan, fenomena gerhana merupakan bukti kekuasaan Allah SWT, sehingga saat terjadi fenomena tersebut, umat Islam diimbau untuk melaksanakan ibadah salat khusuf, memperbanyak zikir dan amal ibadah lainnya.

"Jangan kaitkan gerhana bulan dengan kematian, musibah atau hal buruk lainnya, karena gerhana bulan merupakan fenomena alam untuk menegaskan keagungan dan kebesaran Allah," terangnya.

Ia menambahkan, Kankemenag Abdya akan terus mensosialisasikan tentang proses terjadinya gerhana bulan serta tata cara ibadah salat sunnah khusuf kepada masyarakat. 

"Salat khusuf dapat dilaksanakan di masjid atau musala, kemudian dilanjutkan dengan sedikit khutbah gerhana pada saat gerhana terjadi, dianjurkan setelah salat Magrib berjamaah," papar M. Yatim.

Menurut Pakar Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra, gerhana terjadi sebelum bulan terbit di sebelah timur, maka untuk wilayah Aceh gerhana bulan dapat diamati secara langsung setelah matahari terbenam di seluruh Aceh di arah timur dalam bentuk bulan sabit hingga penuh kembali hingga berbentuk bulan purnama.

"Masyarakat dapat memantau proses terjadinya gerhana dengan cara melihat langsung ke arah timur ketika terbenam matahari atau dapat menyaksikan langsung peristiwa tersebut pada kanal YouTube Kemenag Aceh atau Facebook Kemenag Aceh," sebutnya.

Kemudian, lanjut M. Yatim pihak Kemenag Aceh akan melakukan pengamatan gerhana bulan total tersebut di lantai tiga gedung opserpatorium Teungku Chik Kuta Karang, Lhok Nga, Aceh Besar dengan menggunakan lima teleskop astronomi.

"Pengamatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, hanya petugas saja yang dapat hadir di lokasi. Sementara masyarakat dapat menyaksikannya melalui akun media sosial Kanwil Kemenag Aceh," pungkasnya.

Komentar

Loading...