Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Berakhir Desember, Peserta Dihimbau Segera Manfaatkan Program Relaksasi Tunggakan BPJS Kesehatan

Berakhir Desember, Peserta Dihimbau Segera Manfaatkan Program Relaksasi Tunggakan BPJS Kesehatan

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Program relaksasi tunggakan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan guna memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS yang menunggak lebih dari 6 bulan untuk melunasi tunggakan iuran serta mengaktifkan kembali kepesertaan JKN-KIS akan segera berakhir pada 31 Desember 2020.

“Kami informasikan bahwa pendaftaran program relaksasi akan berakhir pada tanggal 25 Desember 2020, dan pembayaran harus dilakukan paling lambat pada 31 Desember 2020, sementara untuk sisa tunggakannnya, dapat dicicil hingga 31 Desember 2021 dengan mengajukan permohonan ke Kantor Cabang, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 atau melalui aplikasi Mobile JKN pada Menu Manajemen cicilan sesuai jumlah sisa bulan tunggakan yang akan dibayarkan,” terang Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Tapaktuan, Mahfud, Senin (21/12/2020).

Untuk mendapatkan relaksasi peserta adalah yang termasuk segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU-BU). 

Caranya adalah peserta melakukan pendaftaran relaksasi iuran sesuai dengan ketentuan pada kanal yang sudah ditetapkan, yaitu aplikasi Mobile JKN dan Care Center 1500400 bagi PBPU. 

Sementara untuk peserta PPU-BU dapat melalui aplikasi Elektronik Data Badan Usaha (E-Dabu) atau di kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat.

“Selama ini yang sering menjadi kendala peserta untuk membayar iuran dikarenakan pembayaran iuran tidak dapat dicicil sedangkan tunggakannya sangat besar. Dengan adanya program relaksasi,peserta yang menunggak dapat membayar iuran minimal agar kartu dapat aktif dan sisanya dapat dicicil, sangat meringankan peserta untuk membayar iuran,” terang Mahfud.

Rizki salah satu peserta yang memanfaatkan Program Relaksasi Iuran merasa sangat bersyukur dengan kondisi perekonomian keluarganya yang kurang baik saat ini, dapat terbantu dengan adanya program cicilan untuk melunasi tunggakannya. 

Hal tersebut menjadi pelajaran yang sangat berharga baginya, bahwa ia seharusnya rutin membayar iuran setiap bulannya untuk menjaga kepesertaan tetap aktif. 

“Kalau tunggakan iuran sudah bayak, akan susah membayarnya, saya pun udah jera menunggak iuran. Sebaiknya memang dibayar setiap bulannya agar kepesertaan tetap aktif sambil kita juga membantu peserta yang lainnya yang saat ini sedang sakit. Saya menyadari betapa pentingnya JKN-KIS untuk melindungi diri sendiri dan juga keluarga. Kedepannya saya akan rutin membayar iuran setiap bulannya, karena membayar tunggakan yang sudah menumpuk sangat memberatkan,” ujar Rizki.

Tak lupa Rizki juga mengingatkan peserta yang lainnya agar membayar iuran tepat waktu setiap bulannya, agar bisa menggunakan kartu KIS kapanpun dan dimanapun tanpa hambatan.

Ia sangat bersyukur dengan adanya program relaksasi tunggakan yang diselenggarakan BPJS Kesehatan. 

“Sebelum adanya program ini, seluruh tunggakan harus dilunasi baru kepesertaannya bisa aktif. Sekarang tunggakan sudah bisa dicicil dan kepesertaan langsung aktif, program ini sangat memudahkan masyarakat,” ujarnya.

Komentar

Loading...