Begini Ritual Usir Harimau di Aceh Utara

Begini Ritual Usir Harimau di Aceh Utara
pawang Harimau Tgk Sarwani Sabi (baju kuning)

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh melakukan berbagai upaya untuk melindungi satwa liar dilindungi yang berkonflik dengan manusia, salahsatunya menggunakan jasa pawang.

Baca juga: Pawang Harimau dari Meulaboh Diturunkan ke Trumon

Seperti yang diupayakan terhadap perkara Harimau pemangsa sapi di kawasan pedalaman Gampong Seureuke, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara yang baru-baru ini terjadi. BKSDA sengaja mendatangkan seorang Pawang Harimau dari Aceh Barat, yaitu Tgk Sarwani Sabi.

Pada Minggu (1/12/2019) sang pawang melakukan ritual diikuti masyarakat  Dusun Mihra Istimewa Paket 20, Gampong Seureuke, acara dimulai pukul 10.30 WIB, diawali dengan doa bersama, membakar kemenyan, dan Tgk Sarwani menanam sejumlah tanaman di area tersebut. Kabarnya tanaman itu tidak disukai Harimau dan dijadikan penangkal.

Prosesi itu berlangsung singkat, kemudian sang Pawang mengabarkan kepada orang-orang yang hadir  di lokasi, bila 15 hari ke depan Harimau masih mengganggu, maka dia akan turun kembali. Untuk melakukan ritual dengan cara berbeda.

Sementara itu Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto menerangkan, Tgk Sarwani Sabi merupakan salah satu pawang BKSDA yang bertugas khusus menghalau Harimau.

Upaya penghalauan itu sebagai bentuk upaya pihaknya dalam menangani konflik satwa dilindungi dengan kearifan lokal.

“Ini bentuk upaya kami untuk menangani konflik satwa liar dengan manusia, dan Tgk Sarwani Sabi dalah pawang kita untuk menghalau Harimau. Upaya yang kita lakukan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kehutanan Nomor :P.48/MENHUT-II/2008 Tentang Pedoman Penanganan Konflik Antara Manusia dan Satwa Liar,” jelasnya.

Selain dengan cara itu, BKSDA juga telah memberikan pemahaman kepada masyarakat sekitar bahwa Harimau Sumatera adalah satwa liar dilindungi dan juga tergolong satwa kunci yang populasinya terancam punah.

“Kami akan terus memantau kondisi usai dihalau pawang, semoga dengan cara tersebut Harimau menjauh dan tidak mengganggu masyarakat,” pungkasnya.

Komentar

Loading...