Begini Kronologis Putusnya Tangan Perawat Anna Mutia

Begini Kronologis Putusnya Tangan Perawat Anna Mutia

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com – Penyelidikan Panjang yang dilakukan Satreskrim Polres Aceh Barat Daya (Abdya) terhadap insiden putusnya tangan perawat Anna Mutia (28) akhirnya membuahkan hasil.

Polisi berhasil mengungkap penyebab insiden tersebut yang ternyata karena sayatan pisau mesin pemotong rumput.

Ternyata tangan almarhum Anna Mutia terkena patahan pisau pembabat rumput milik Abu Bakar (65) warga Ujong Padang, Kecamatan Susoh yang saat itu tengah memotong rumput di kebun miliknya yang tidak jauh dari jalan yang dilintasi Anna Mutia.

Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution melalui Kasat Reskrim AKP Erjan Dasmi yang didampingi Kapolsek Susoh, Iptu Barmawi dan Kabag Ops AKP Haryono, dalam konferensi pers, Selasa (5/1/2021) menyebutkan, polisi telah menetapkan Abu Bakar sebagai tersangka.

Kronologis Putusnya Tangan Anna Mutia

Erjan menjelaskan, pada saat kejadian Abu Bakar sedang membabat rumput di kebun miliknya, tiba-tiba mata mesin pembabat rumput miliknya patah dan terbang kearah Anna Mutia yang saat itu kebetulan sedang melintas sehingga mengakibatkan tangan Anna Mutia putus total.

"Pada saat itu, pelaku sempat menolong korban, dan juga sempat melepaskan kepingan mata mesin yang masih tertancap di tangan korban, karena ketakutan Abu Bakar membuang kepingan mesin itu semak-semak kebun miliknya," jelas Kasat Reskrim.

Saat dilakukan pemeriksaan sebagai saksi oleh polisi Abu Bakar sempat tidak mengakui kejadian itu namun setelah diselediki dan dalami akhirnya akhirnya mengakui kejadian tersbut.

Erjan memastikan, kasus ini murni karena kealpaan atau kecelakaan kerja, tidak unsur kesengajaan, baik itu pembegalan, pencurian, pembunuhan dan unsur sakit hati atau dendam seperti isu berkembang di masyarakat. 

Meskipun demikian Abu Bakar juga melanggar pasal 359 KUHPidana tentang kelalaian yang menyebabkan orang meninggal dengan ancaman paling lama lima tahun penjara.

Selain telah menahan Abu Bakar polisi juga turut mengamankan barang bukti berupa satu unit mesin potong rumput jenis Tanika dan setengah keping lempengan mata potong yang terbuat dari besi.

Komentar

Loading...