Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Beasiswa Pemkab Abdya Cair Awal 2021  

Beasiswa Pemkab Abdya Cair Awal 2021  

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berkomitmen menyalurkan beasiswa berprestasi dan kurang mampu untuk mahasiswa setempat. Pencairan rencannya akan dimulai awal tahun 2021.

 "Insya Allah, Pemerintah Daerah tetap berkomitmen menyalurkan beasiswa di Awal tahun 2021," kata Sekda saat dihubungi anteroaceh.com, via telepon seluler, Sabtu (19/12/2020).

Menurut Sekda pemerintah tidak punya niat untuk sengaja memperlambat penyaluran beasiswa, namun ada faktor yang menyebabkan penyaluran tidak tepat waktu.

"Semua berkas beasiswa sudah masuk dan saat ini sedang diverifikasi, yang sulit dan terkendala adalah verifikasi faktual penerima beasiswa miskin," tuturnya Thamrin.

Karena tambah Sekda, verifikasi penerima beasiswa prestasi hanya berhubungan dengan berkas tetapi kalau untuk beasiswa miskin harus secara faktual.

Karena sambungnya, sisitem yang berlaku di pemerintah saat ini adalah sistem Informasi Pemerintah Daerah atau SIPD yang menyatakan harus valid dan akurat. 

"Artinya tahun 2020 diverifikasi berkas boleh disalurkan awal 2021 dengan catatan data harus akurat dan masuk Dokumen Pelaksanaan Anggaran atau DPA, hal ini bisa dilakukan apabila tidak berubah aturan," pungkasnya.

Untuk diketahui sebelumnya, beberapa hari trakhir ini banyak yang mempertanyakan jadwal pencairan beasiswa tersebut, sebab segala bentuk proses pemberkasan sudah selesai sejak November lalu.

"Sudah memasuki akhir 2020 beasiswa belum terealisasi tentu ini patut kami pertanyakan kepada pemerintah daerah," kata Ahlul, Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC-IMM) Abdya.

Menurutnya pemerintah Abdya, harus menyampaikan informasi kepada mahasiswa tentang kejelasan realisasi beasiswa tersebut.

 "Setidaknya harus ada informasi beasiswa dari pemerintah tentang kenapa dan apa penyebabnya hingga saat ini belum juga terealisasi,"ungkap Ahlul.

Pada tahun 2019 lalu lanjutnya, mahasiswa Abdya tidak menerima beasiswa dari pemerintah daerah.

"Tahun 2019 lalu, kami juga tidak memperoleh beasiswa, apakah tahun ini juga demikian, menurut kami ini perlu kejelasan dari pemerintah," tutupnya.

Komentar

Loading...