Batuphat Membara, 13 Rumah Ludes Terbakar 

Batuphat Membara, 13 Rumah Ludes Terbakar 

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com - Kebakaran besar terjadi di kawasan Gampong Batuphat Timur, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Jum’at (23/4/2021) sekitar pukul 21.30 WIB. 13 unit rumah berbagai tipe hangus  terbakar.

Informasi yang diperoleh,  diperkirakan 48 jiwa  harus mengungsi ke kantor desa setempat, karena kehilangan tempat tinggal.

“Kebakaran terjadi saat masyarakat sedang melaksanakan tarawih, api dengan cepat melahap rumah di kawasan padat tersebut,” ujar Samsul Bahri, Tagana Kota Lhokseumawe.

Katanya, saat ini pihaknya sedang mendata jumlah korban, termasuk rumah-rumah yang terimbas kebakaran besar itu. Pemadaman dilakukan oleh sejumlah Damkar dari Pemko Lhokseumawe dan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM).

Api berhasil dipadamkan tepat pukul 00.00 WIB, dan sampai saat ini sedang proses pendinginan untuk mengantisipasi kebakaran susulan.

“Barusan kita rapat  dengan perangkat desa dan pihak terkait, untuk sementara masyarakat korban kita tampung di kantor desa karena kita butuh waktu untuk membangun tenda darurat bagi mereka,” jelas Samsul.

Ia juga menjelaskan bantuan untuk para korban segera disalurkan. Sedangkan terkait penyebab kebakaran sedang ditangani pihak kepolisian.

Berdasarkan kabar dari warga, api muncul dari salah satu rumah yang ditinggal penghuni berjualan.  Kemudian membesar dan menjalar ke rumah lain, termasuk beberapa rumah permanen yang juga sedang kosong.

“Banyak harta benda yang tidak bisa diselamatkan warga, ditambah lagi api sangat cepat merambat ke rumah lainnya. Warga yang datang ke lokasi tidak bisa berbuat banyak, walau ada juga yang berusaha membantu menyelamat benda warga korban,” sebut Zainuddin warga setempat.

Hingga berita ini diturunkan polisi dibantu masyarakat dan anggota TNI masih mengamankan lokasi kejadian.

Komentar

Loading...