Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Batu Putri Batupang, Putri Duduk Menupang Dagu di Labuhanhaji Timur

Batu Putri Batupang, Putri Duduk Menupang Dagu di Labuhanhaji Timur

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com – Batu Putri Batupang, begitu warga sekitar menamainya. Dalam bahasa Indonesia disebut Batu Putri Termenung. 

Batu Putri Batupang ini telah menjadi salah satu dari sekian banyak objek wisata yang ada di Aceh Selatan. 

Batu Putri Batupang ini disebut-sebut meyerupai seorang putri sedang duduk menopang dagu di atas penyu raksasa sambil menghadap ke arah laut lepas.

Menurut cerita yang beredar dimasyarakat, batu itu awalnya adalah seorang putri cantik yang dikutuk ibunya menjadi batu.

Menurut kisah, gadis cantik itu bernama Putri Melur, sedang termenung menunggu penyu raksasa, kendaraan yang akan mengantarnya pada Bujang Delima, sang kekasih yang tinggal di Simeulue.

Namun niat tersebut ditentang ibunya. Putri Melur tak menggubrisnya. Hingga ibunya murka, dan mengutuknnya menjadi batu bersama penyu raksasa itu.

Letaknya  batu itu tepat berada di bibir pantai Gampong Peulumat, Kecamatan Labuhanhaji Timur, atau sekitar satu kilometer dari jalan nasional.

Setelah sampai ke Gampong Peulumat, untuk menuju ke Batu Putri Batupang, kita harus berjalan kaki sejauh 200 meter menyusuri bibir pantai. Jalan yang dilewati berpasir dan sebagian ada juga batu-batu karang. 

Setelah sampai ke batu yang berbentuk seperti penyu raksasa, kita harus memanjat sedikit untuk sampai ditempat Putri Batupang duduk penopang dagu.

Posisi Batu Putri Batupang berada di bebatuan, di belakangnya sudah memiliki tangga dan pagar yang dibangun pemerintah. 

Meski poisinya berada di belakang Batu Putri Batupang, namun melalui sarana tersebut kita bisa menyaksikan keindahan laut, dan bukit bebatuan yang ada disana.

iklan grapela dan tangga seribu
Iklan Batu Berlayar dan masjid tuo

Komentar

Loading...