Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Bantuan untuk Rohingya Sekarang sangat Sedikit

Bantuan untuk Rohingya Sekarang sangat Sedikit

LHOKSEUMAWE, ANTEROACEH.com- Lebih kurang 400 jiwa etnis Rohingya ditampung shelter BLK Kandang, Lhokseumawe. permasalahan saat ini, jumlah  logistik untuk pengungsi korban perang tersebut semakin berkurang.

Menurut juru bicara Satgas penanganan Rohingya Lhokseumawe, Marzuki , Senin (28/9/2020) jumlah bantuan untuk saat ini semakin berkurang paska kedatangan 299 jiwa pengungsi Rohingya gelombang kedua pada 7 September lalu.

“Bantuan datang berlimpah saat pengungsi gelombang pertama, padahal jumlah pengungsinya tidak sampai 100 orang, sedangkan setelah gelombang kedua dengan jumlah hampir 300 orang bantuan sangat sedikit,” jelas Marzuki.

Walau demikian, katanya untuk stok beras masih aman hingga akhir tahun ini. Itupun sisa bantuan gelombang pertama. Sedangkan bahan logistik lain yang nyaris habis. Pemko Lhokseumawe sampai saat ini belum mengeluarkan dana sepeserpun untuk penanganan pengungsi tersebut.

“Kami akan terus mengandalkan bantuan dari pihak ketiga, karena Pemko tidak memiliki dana untuk pengungsi. Dan kami sangat berharap dukungan seluruh NGO di Indonesia untuk ikut bersama-sama menanggung beban kemanusiaan ini,” jelasnya lagi.

Terkait kondisi kesehatan Marzuki menegaskan sudah ada tim khusus yang setiap saat stand by di di lokasi pengungsian, mereka tim medis dari Pemko Lhokseumawe, NGO dan UNHCR.

Sedangkan untuk makan rutin saat ini  masih siaga tim ACT, dengan dapur umumnya. Yang terus melayani makanan bagi pengungsi siang dan malam.

Komentar

Loading...