Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Banjir Lagi, Warga Aceh Utara Diminta Waspada

Banjir Lagi, Warga Aceh Utara Diminta Waspada

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Sejumlah Kecamatan di Aceh Utara kembali di landa banjir, Sabtu (2/1/2021) dini hari. Banjir akibat luapan sungai, seperti di Kecamatan Pirak Timu, Lhoksukon dan Simpang Kramat.

Luapan Krueng (Sungai) Jawa di Kecamatan Simpang Kramat, Aceh Utara menyebabkan tiga gampong di kecamatan tersebut tergenang pagi tadi.  Sebelumnya sejumlah kawasan rendah di Kecamatan Syamtalira Aron juga terendam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara Amir Hamzah menyebutkan, tiga kawasan tersebut mulai tergenang sejak semalam.

Sedangkan di Kecamatan Simpang Kramat, banjir landa  tiga desa,masing-masing Gampong Meunasah Baroh, Meunasah Dayah dan Meunasah Teungoh, dengan ketinggian genangan 15 cm sampai 25 cm.

“Hasil pantauan petugas kita di lapangan, banjir disebabkan luapan dari Krueng Jawa, karena curah hujan dalam tiga hari terakhir sangat tinggi,” jelas Amir Hamzah.

Menurutnya petugas terus disiagakan di lokasi untuk memantau perkembangan kondisi banjir. Untuk sementara tidak ada pengungsian karena ketinggian air masih normal. 

“Kira masih terus waspada, karena kawasan Lhoksukon tepatnya dikawasan Batu III kawasan Lhoksukon Timur atau tepatnya di jalan menuju ke Kecamatan Cot Girek air mulai masuk ke pemukiman warga,” ujarnya lagi.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Aceh Utara terutama di kawasan-kawasan rawan banjir seperti Matang Kuli, Tanah Luas, Pirak Timu, Lhoksukon, Samudera, Meurah Mulia dan sejumlah kawasan rendah lain untuk terus waspada , karena ke depan Aceh akan dilanda cuaca ekstrim.

Komentar

Loading...