Banjir dan Longsor Kembali Landa Lhoong Aceh Besar

Banjir dan Longsor Kembali Landa Lhoong Aceh Besar

JANTHO, ANTEROACEH.com - Angin kencang disertai hujan deras melanda Aceh Besar dan sekitarnya, Sabtu (16/5/2020) sekira pukul 14.55 WIB. Akibatnya, rumah warga dan sawah petani di Gampong Geunteut, Kecamatan Lhoong, terendam banjir hingga ketinggian air mencapai satu meter.

Selain banjir, informasi yang diterima anteroaceh.com, dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBP) Aceh Besar, longsor juga kembali terjadi di badan jalan menuju tempat wisata air terjun Suhom.

Petugas Pusdalops BPBD, Aceh Besar, Maswani mengatakan, banjir  yang mengenangi rumah dan sawah warga Kecamatan Lhoong  merupakan luapan dari sungai daerah Krueng Kala.

"Sawah petani yang terendam banjir mencapai 60 hektar," ungkapnya melalui laporan yang diterima anteroaceh.com.

Lebih lanjut ia menerangkan, saat ini tim BPBD sedang berada di lokasi untuk melakukan penanganan dan pendataan serta terus mengawasi situasi dan kondisi terkini.

"Akibat tergurasnya air dan material, banjir juga mulai mengkikis beberapa biram jalan, baik jalan penghubung desa maupun jalan nasional dan juga merusak pipa penyalur air bersih (PDAM) yang mengairi air bersih ke pemukiman warga," kata dia.

Maswani menyebutkan, air Krueng Kala sudah mulai surut sekitar  pukul 17.20 WIB, dan masyarakat yang rumah nya terendam banjir juga sudah kembali dibersihkan.

"Tidak ada korban jiwa, tapi kita mengingat kan supaya pengendara baik roda dua dan empat berhati-hati dalam perjalanan lintas barat, karena saat ini hujan masih melanda sehingga rawan lonsor.”

Kepada masyarakat diimbau untuk tetap waspada sebab hujan dengan intensitas sedang dan lebab serta angin kencang yang berpotensi mengakibatkan terjadinya pohon tumbang.

Komentar

Loading...