Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Aparatur 73 Gampong di Aceh Utara Ikut Bimtek di Banda Aceh  

Aparatur 73 Gampong di Aceh Utara Ikut Bimtek di Banda Aceh  
Pelaksanaan Bimtek untuk aparatur gampong Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara di Banda Aceh

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Sebanyak 146 Kaur Pembangunan dan Kaur Pemerintahan dari 73 Gampong di Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) di Banda Aceh.

Bimtek tersebut diselenggarakan oleh Lembaga Kajian Pelatihan Manajemen (LKPM) Indonesia.

Muhammad Sabri, S.Kom, Bendahara LKPM Indonesia kepada anteroaceh.com, Rabu (15/7/2020) menyebutkan, Bimtek untuk aparatur desa itu dilaksanakan di Hotel Grand Arabia dan Hotel Mekkah, Banda Aceh, mulai dari 13 – 16 Juli 2020.

“Ini kan masa New Normal, di mana mereka (aparatur desa) masih bingung menentukan apa yang harus dilakukan ke depannya. Nah, di sinilah kita hadir untuk mereka, guna meningkatkan SDM mereka sebelumnya. Di sini kita bertindak sebagai panitia,” ujar Sabri.

Sabri menjelaskan, pelaksanaan bimtek tersebut menghadirkan beberapa pemateri, mulai dari Kementerian Desa, pihak Kecamatan Baitussalam, pihak Program Pembangunan  dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) dan panitia lokal.

“Fokusnya prioritas penggunaan Dana Desa 2020 berdasarkan Permendes PDTT No. 11 tahun 2019. Di sini kita mengambil acuan dari Desa (Gampong) Blang Krueng, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar. Mereka ada 11 unit BUMG yang sudah maju di tingkat Nasional dan mendapat penghargaan dari  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo,” terang Muhammad Sabri.

Menurut Sabri, penyelenggaraan bimtek dilakukan sesuai dengan aturan dan protokol kesehatan selama masa New Normal Covid-19. “Setiap peserta yang hendak masuk ruangan harus cuci tangan, diperiksa suhu tubuh dan diharuskan memakai masker yang kita bagikan di tempat. Untuk jarak duduk juga sesuai dengan protokol New Normal,” ungkapnya.

Ketua Forum Geuchik Kecamatan Lhoksukon, Irwandi melalui anggota forum, Iskandar secara terpisah membenarkan bahwa saat ini ratusan Kaur Pembangunan dan Kaur Pemerintahan dari 73 gampong di Lhoksukon sedang mengikuti Bimtek di Banda Aceh.

“Ya, aparatur gampong di Lhoksukon memang sedang mengikuti Bimtek. Pelaksanaannya dua gelombang, pertama untuk Kaur Pembangunan dan Pemerintahan, kedua bagi Geuchik dan Ketua Tuha Peut  yang akan dilaksanakan setelah Idul Adha. Ada empat peserta untuk masing-masing gampong,” katanya.

Dari 75 gampong di Lhoksukon, hanya dua gampong yang tidak ikut. “Gampong Beuringen  LB yang terpilih sebagai Kampung Tangguh Nusantara (KTN), sedangkan Gampong Meunasah Reudeup MU tidak ikut karena hingga saat ini masih mengumpulkan Dana Desa untuk BLT, mengingat jumlah penerima cukup banyak,” pungkas Iskandar.

Komentar

Loading...