Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Anjlok, Harga Sawit di Aceh Selatan Rp. 700 per Kilogram

Anjlok, Harga Sawit di Aceh Selatan Rp. 700 per Kilogram

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com - Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Aceh Selatan kembali anjlok.

Berdasarkan informasi yang diperoleh anteroaceh.com, harga sawit di Kabupaten penghasil pala itu 700 per-kilogram di tingkat pengumpul.

Mulyadi, petani di Trumon Timur mengeluhkan jatuhnya harga jual sawit. Bahkan ia menuturkan, dengan kondisi seperti itu, ada petani yang terpaksa menjual lahannya.

"Rendah sekali harga sekarang, 700 hingga 750 per kilogram dibeli pengumpul, habis panen kami gigit jari," kata Mulyadi, Rabu (17/7/2019).

Sementara itu, ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Aceh Selatan, Khaidir Amin, meminta pemerintah segera mencarikan solusi, karena menurutnya beberapa kecamatan seperti Trumon, Bakongan dan lainnya, sawit merupakan sumber utama ekonomi masyarakat.

"Kita minta pemerintah Aceh dan Aceh Selatan untuk mencari solusi terkait anjloknya harga sawit, agar ekonomi petani juga membaik," ujarnya.

Khaidir menyarankan pabrik CPO milik pemerintah Aceh Selatan di Gampong Krueng Luas, Kecamatan Trumon Timur, yang sudah lama terlantar untuk dioperasikan kembali.

"Pabrik CPO batuan pemeritah pusat waktu lalu seharusnya dapat membantu masyarakat dalam kondisi harga TBS yang terus anjlok seperti sekarang ini dan juga bisa menjadi sumber pendapatan daerah," pungkasnya. (*)

iklan grapela dan tangga seribu
Iklan Batu Berlayar dan masjid tuo

Komentar

Loading...