Zona Merah

Angka Positif COVID-19 di Aceh Selatan Meningkat Tajam

Angka Positif COVID-19 di Aceh Selatan Meningkat Tajam

TAPAKTUAN – Kasus terpapar COVID-19 di Kabupaten Aceh Selatan meningkat tajam sejak Juli sampai Agustus, sehingga Satgas COVID-19 Nasional menetapkan Aceh Selatan berstatus zona merah atau resiko tinggi.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan selaku Ketua Satgas COVID-19, Fakhrijal mengatakan jika peningkatan jumlah yang terpapar cukup tinggi sehingga Satgas pusat menetapkan Aceh Selatan sebagai zona merah.

"Benar, dengan meningkatnya angka pasien terpapar virus corona sekarang (Aceh Selatan) masuk ke zona merah," ungkapnya saat dihubungi anteroaceh.com, Kamis (2/9/2021). 

Kata Fakhrijal, penentuan zonasi merupakan kewenangan Satgas pusat. Namun, kata dia, tentunya dalam hal penentuan zona dipengaruhi meningkatnya angka terpapar virus.

"Jadi selama dua bulan ini angka pasien positif di Aceh Selatan meningkat, pada bulan Juli sebanyak 37 orang dan Agustus naik menjadi 241 orang, maka atas dasar itulah Satgas pusat menetapkan zona merah," jelasnya.

Sementara pasien positif COVID-19 yang dirawat dari awal Agustus dihingga saat ini berjumlah 65 orang. Kemudian, kata dia, meningkatnya pasien corona juga disebabkan banyak masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan (prokes).

"Kita juga melihat sampai sekarang masih banyak warga yang mengabaikan prokes dengan tidak menggunakan masker dan menjaga jarak sehingga angka positif terus meningkat," pungkasnya. 

Komentar

Loading...