Anggota DPRA Bardan Sahidi Ajarkan Pembuatan dan Pemasaran Pupuk Bokasi untuk Petani di Aceh Tengah

Anggota DPRA Bardan Sahidi Ajarkan Pembuatan dan Pemasaran Pupuk Bokasi untuk Petani di Aceh Tengah
Acara Pelatihan Produksi dan Pemasaran Pupuk Bokasi Padat di Kampung Asir-Asir Atas, Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com - Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Bardan Sahidi melaksanakan masa reses III di daerah pemilihan (Dapil) IV, yaitu Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Berbagai kegiatan digelar dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat dan kostituen. Salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan produksi dan pemasaran pupuk bokasi padat dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh kelompok petani ternak kuat sejahtera, Jum'at (4/12/2020) di kampung Asir - Asir Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah.

"Pelatihan dan pembekalan pembuatan pupuk alam ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga. Yang diperlukan adalah menyemangati ibu-ibu rumah tangga di masa pandemi untuk bisa melakukan kegiatan produktif," ungkap Bardan Sahidi

Kemudian lanjutnya, bekal ilmu dan semangat berwirausaha ini juga akan sangat berguna bagi seluruh peserta pelatihan karena meningkatnya permintaan akan pupuk organik di masa pandemi Covid 19 saat ini. 

Dikatakan Bardan, Selain bisa dilakukan di perkarangan rumah masing-masing, kegiatan tersebut juga hanya memanfaatkan bahan alam sekitar.

"Bahannya sederhana sekali, ada sekam, kotaran ternak dan beberapa nitrat ya dan dibantu oleh bapak dan ibuk penyuluh dari Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian Kabupaten Aceh Tengah," pungkas Bardan.

Suasana pelatihan berlangsung antusias dengan jumlah lima puluan peserta yang didominasi oleh ibu-ibu rumah tangga. Ia berharap pelatihan dan pembekalan tersebut dapat bermanfaat di tengah situasi pandemi saat ini.

Komentar

Loading...