Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Aminullah Instruksikan Petugas Jaring Pengendara yang Tak Pakai Masker

Aminullah Instruksikan Petugas Jaring Pengendara yang Tak Pakai Masker

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menginstruksikan seluruh petugas untuk menjaring setiap penggunaan jalan yang tidak mengenakan masker.

“Hal ini kita lakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19), meskipun kasus positif virus Covid-19 di kota Banda Aceh memang masih sedikit, namun kita tetap harus waspada,” kata Aminullah saat apel gabungan pelaksanaan razia masker di halaman Balai Kota, Senin (18/5/2020).

Aminullah menyebutkan, Pemko saat ini tengah mengerahkan seluruh upaya dalam memutuskan mata rantai virus mematikan ini. Selain razia masker, Pemko juga telah melakukan sosialisasi, penegakan hingga penertiban di kedai-kedai kopi yang notabenenya ramai dikunjungi.

“Kita juga akan memastikan dalam setiap razia masker para pengendara sepeda motor dan pengemudi mobil yang tidak mengenakan masker kita arahkan untuk putar balik dan dilarang memasuki kawasan Kota Banda Aceh,” tegas Aminullah.

Razia masker digelar dalam rangka menegakkan Perwal Banda Aceh Nomor 25 tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan Wali Kota Banda Aceh Nomor 24 tahun 2020 tentang penggunaan masker dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Aturan wajib mengenakan masker di wilayah Banda Aceh tersebut akan berlangsung selama sebulan dan apabila masyarakat tetap tidak mematuhi aturan, maka tidak menutup kemungkinan jangka waktunya akan diperpanjang.

“Kita berharap pelaksanaan dari Perwal ini tidak harus dipaksakan. Akan tetapi ini menjadi kewajiban masyarakat sendiri agar mengenakan masker jika keluar rumah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” kata Aminullah.

Ia juga meminta kepada para petugas untuk memberikan edukasi kepada masyarakat yang terjaring razia nantinya.

“Bencana tidak dapat ditangani oleh seseorang atau sekelompok orang saja, tapi tugas berat ini hendaknya menjadi tanggung jawab kita semua, baik pemerintah dan masyarakat.”

“Kami meminta semua untuk mengikuti protokol kesehatan seperti mengenakan masker jika keluar rumah, menjaga jarak dan juga rajin mencuci tangan. Jika ini dilakukan, insyaAllah penyebaran Covid-19 di Banda Aceh dapat diminimalisir sejak dini,” ujar Aminullah.

Hasil pantauan, Aminullah juga mengungkapkan bahwa tingkat kesadaran warga Banda Aceh terhadap bahaya virus ini sudah meningkatkan.

“Hari ini kita melihat kesadaran warga kota memakai masker sudah meningkat, sebagian mungkin ada yang belum punya tapi kita sudah membagikan.”

“Siapa saja yang masuk ke Kota Banda Aceh harus memakai masker. Jika ada yang tidak pakai sementara masih kita toleransi, kita berikan masker. Kedepannya jika tidak pakai juga masih maka akan kita minta putar balik,” ungkapnya.

Dalam apel itu turut hadir Wakil Wali Kota Zainal Arifin, para asisten dan para Kepala SKPK lingkungan Pemko Banda Aceh. Adapun tim razia yang diturunkan ke lapangan terdiri dari TNI dan Polri, Satpol PP/WH Aceh dan Banda Aceh, Dinas Perhubungan kota dan Diskominfotik kota.

Komentar

Loading...