Aceh Utara Utara Dikepung Banjir

Aceh Utara Utara Dikepung Banjir

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Beberapa Kecamatan di wilayah timur dan tengah di Kabupetan Aceh Utara mulai terendam banjir sejak Sabtu (5/12/2020) dini hari, akibat curah hujan tinggi dalam sepekan terakhir.

Menurut informasi yang diterima redaksi anteroaceh.com, kondisi banjir terparah terjadi di Kecamatan Matang Kuli, Pirak Timu, Tanah Luas, Nibong, Simpang Keramat, Lhoksukon, Seunuddon, Langkahan dan sebagian desa di kawasan barat.

Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto mengaku dirinya bersama anggota TNI saat ini masih berada di lokasi banjir terparah di Kecamatan Matang Kuli dan Pirak Timu.

Petugas dikerahkan untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir, terutama dikawasan paling terdampak.

“Di Matangkuli saja seribu lebih warga telah mengungsi, dari 13 Gampong. Sedangkan sembilan pemukiman lainnya  masih terisolir. Petugas kita, Polisi,  SAR dan dibantu petugas lainnya  sedang berupaya melakukan evakuasi masyarakat ke lokasi aman,” jelasnya.

Pengungsian warga ada yang di Meunasah gampong masing-masing, di gudang center, dan ada yang mengungsi ke badan jalan yang lebih tinggi seperti yang dilakukan masyarakat Gampong Tumpok Barat, dan Meuria Kecamatan Matang Kuli.

Ia telah memerintahkan seluruh personil TNI di masing-masing Koramil untuk siaga dan memberikan pertolongan kepada masyarakat. Sejumlah boat karet sudah disiagkan di lokasi. 

Ia juga menerangkan , banjir juga merusak fasilitas jalan dan jembatan seperti yang terjadi di Gampong Aleu Bade, Kecamatan Simpang Keramat. Satu jembatan putus diterjang banjir. 

“Petugas disana sedang berupaya membuat jembatan darurat untuk sementara bisa dilalui warga, sekaligus agar bantuan tidak terhambat,” ungkapnya.

Komentar

Loading...