Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Aceh Utara Gelar Festival Seumapa di Lapangan Bayu

Aceh Utara Gelar Festival Seumapa di Lapangan Bayu

LHOKSUKON, ANTEROACEH.com - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Festival Seumapa di penghujung tahun 2019 ini. Festival tradisi seni pantun Aceh ini diikuti oleh 11 tim kecamatan se-Aceh Utara berlangsung di Lapangan Bayu, mulai Jum’at 20 Desember hingga Senin 23 Desember nanti.

Panitia pelaksana, Bantaruddin menjelaskan 11 tim kecamatan yang sudah mendaftar antara lain, Kecamatan Matang Kuli, Tanah Pasir, Dewantara, Seunuddon, Baktia, Kuta Makmur, Syamtalira Bayu selaku tuan rumah, Nibong, Lapang, Paya Bakong dan Lhoksukon.

“Malam ini lomba perdana diikuti oleh tim Matangkuli, Dewantara, Tanah Pasir dan Seunuddon. Acara dibuka oleh asisten 3 mewakili bupati,” jelas Bantaruddin.

Katanya para pemenang 1, 2 dan 3 akan mendapatkan hadiah menarik, berupa uang pembinaan yaitu juara 1 Rp 5 juta , juara 2 Rp 4 juta dan juara 3 Rp 3 juta. Masing-masing pemenang juga mendapatkan tropi tetap.

“Festival ini upaya pemerintah melestarikan tradisi budaya yang mulai ditinggalkan masyarakat, harapan generasi muda saat ini masyarakat pada umumnya benar-benar mengenal tradisi indatu dan terus dipertahankan sampai kapanpun,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Seumapa adalah seni tutur tradisi Aceh yang lazimnya digelar pada acara adat pernikahan. Berisi syair pantun yang disampaikan dalam bentuk jenaka dan menghibur pengunjung atau undangan.

Secara makna, Seumapa, adalah saling sapa. Para penyair akan saling berbalas pantun. Tidak hanya pada acara pernikahan, Seumapa juga ditampilkan pada acara adat lainnya seperti khanduri laot, acara syukuran dan acara lain.|| SIRAJUL MUNIR

Komentar

Loading...