Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Abrasi Pantai, Puluhan Makam Tionghoa di Aceh Barat Terancam Hanyut ke Laut

Abrasi Pantai, Puluhan Makam Tionghoa di Aceh Barat Terancam Hanyut ke Laut
Makam etnis Tionghoa yang terancam terbawa ke tengah laut karena erosi laut yang semakin ganas (Foto: Uci Setiawan/anteroaceh.com)

MEULABOH, ANTEROACEH.com - Puluhan makam etnis Tionghoa berlokasi di pesisir Gampong Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat tergerus abrasi dan terancam terbawa hanyut ke laut.

"Sudah ada pengikisan semenjak dua pekan terakhir ini mencapai 30 meter. Sehingga saat inipun kuburan tersebut sudah dua barisan kisaran dua puluh unit yang tergerus abrasi," ungkap Keuchik Gampong Suak Ribee, Teuku Razali, saat dikonfirmasi anteroaceh.com di Meulaboh, Senin( 1/6/2020) sore.

Ia mengaku sudah menyampaikan keadaan tersebut kepada ahli waris untuk disampaikan kepada saudara pemilik makam agar segara diambil tindakan.

"Katanya kemarin ada beko yang datang, tapi saya tidak tahu betul apa yang dilakukan. Sebaiknya jika memang ada sesuatu yang dilakukan dari pihak pemerintah atau siapapun itu bisa berkoordinasi dulu dengan saya selaku kepala desa," ucap Teuku Razali.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Razali berharap Pemkab Aceh Barat maupun Pemerintah Aceh agar segera untuk memasang pasak bumi atau paku bumi disepanjang Pantai Samudra Hindia, mulai dari Pantai Ujung Karang sampai daerah Pantai Suak Raya.

"Karena rata-rata pengikisan ke depan sudah membahayakan pemukiman penduduk yang sudah sangat dekat dengan laut. Makanya, mohonlah antisipasi sebaiknya itu dananya dari APBN dan kalaupun dari APBK atau APBA Alhamdulillah kalau memang anggarannya besar," pungkas Teuku Razali.

Komentar

Loading...