Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

Abrasi Ancam Kebun Sawit Warga di Babahrot Abdya

Abrasi Ancam Kebun Sawit Warga di Babahrot Abdya

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com – Kebun sawit milik warga yang terletak di pesisir sungai Babahrot, Aceh Barat Daya (Abdya) terancam habis disapu air menyusul tingginya intensitas curah hujan yang melanda wilayah itu sejak sepekan terakhir. 

Bahkan, sebagian tanah kebun warga sudah disapu air akibat abrasi yang semakin parah. Melihat kondisi tersebut, anggota DPRK setempat, Zulfan mengaku sangat khawatir. 

“Kita takutkan, apabila ini tidak secepatnya ditangani, puluhan hektare kebun warga di gampong Blang Dalam terancam terbawa arus,” ungkapnya, Sabtu (28/11/2020).

Zulfan berharap Pemkab Abdya melalui dinas terkait secepatnya mencari solusi sehingga kerugian akibat abrasi ini dapat diminimalisir.

“Penyebab utama terjadinya abrasi ini karena alur sungai yang berkelok, saat hujan lebat air menjadi banjir dan menghantam kebun masyarakat,” jelasnya.

Bahkan, katanya, perkebunan warga di Blang Dalam sudah digerus air mencapai dua hektare lebih.

“Sebagian masyarakat di daerah itu mengantung hidup dari berkebun. Bahkan beberapa warga kehilangan pendapatannya kalau kebun mereka digerus banjir. Ini kan sayang,” tambahnya

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya Amiruddin dikonfirmasi wartawan berjanji bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan menurunkan petugas untuk mengecek abrasi tersebut.

“Insyaallah Senin (30/11) pagi saya bersama petugas BPBK turun ke lokasi untuk meninjau lokasi abrasi sungai itu, dan kita upayakan tahun depan tebing pengaman sungai itu dibangun,” jawabnya singkat.

Komentar

Loading...