Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

ABK KM Jasa Poma Baru di Aceh Timur Meninggal Dunia Usai Lompat dari Kapal

ABK KM Jasa Poma Baru di Aceh Timur Meninggal Dunia Usai Lompat dari Kapal

IDI, ANTEROACEH.com - Muhammad Husen (31) warga Gampong Titi Baroe, Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur meninggal dunia usai melompat dari kapal dan tenggelam di Perairan Idi, Kamis (9/7/2020)

Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro melalui Kasubbag Humas Polres Aceh Timur AKP Muhammad Nawawi mengatakan sebelum kejadian, seperti biasa Kapal KM Jasa Poma Baru selalu menurunkan jaring pukat ke laut untuk menangkap ikan sekitar pukul 04.45 WIB.

"Kemudian setelah jaring pukat diturunkan pada tahap terakhir para Anak Buah Kapal (ABK) akan mengambil ujung jaring pukat dengan ditandai jerigen kosong berwarna putih.

Saat itu, ujung sumbu tidak dapat diraih dengan menggunakan sebatang bambu yang diujung sudah dipasangi pengait,"terang AKP Muhammad Nawawi.

Korban yang saat itu bertugas sebagai apit (wakil pawang/nahkoda) langsung melompat dari kapal untuk mengambil lampung pukat tersebut yang berjarak kurang lebih 12 meter dari kapal.

Lalu, Rali Abdullah yang juga merupakan ABK ikut membantu melemparkan tali kepada korban agar dapat diikat ke pelampung yang diambil korban, namun tidak lama berselang terdengar teriakan minta tolong yang membuat Rali dan satu orang ABK lainnya yaitu Tarmizi melompat ke laut untuk menolong korban yang sudah tenggelam.

Selanjutnya, Nawawi mengatakan korban langsung dinaikan ke sampan kecil untuk kembali dibawa ke kapal dan diberi pertolongan.

Pada pukul 10.30 WIB KM. Jasa Poma Baru tiba di Kuala Idi, korban langsung dibawa oleh petugas yang sebelumnya sudah dihubungi pihak kapal ke Rumah Sakit Umum dr. Zubir Mahmud.

"Namun tenaga medis mennyatakan korban telah meninggal dunia dan selanjutnya korban sudah dibawa pulang oleh keluarga untuk dimakamkan," tutup Nawawi.

Komentar

Loading...