2019 Penari Meriahkan HUT RI ke 74 di Abdya

2019 Penari Meriahkan HUT RI ke 74 di Abdya

BLANGPIDIE, ANTEROACEH.com - Sebanyak 2019 penari rapa'i geleng meriahkan HUT RI ke 74 di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Sabtu (17/8/2019).

Rapa'i geleng massalitu digelar di lapangan Bola Kaki, Persada, Gampong Keudai Siblah, Kecamatan Blangpidie.

Dua ribuan eserta itu berasal dari 152 Gampong yang ada di Kabupaten Abdya, masing-masing gampongdiwakili oleh 12 orang penari.

Pementasan rapa'i geleng ini merupakan kegiatan dengan jumlah peserta terbanyak dan perdana.

Selain memeriahkan HUT RI, penampilan tarian khas Aceh itu juga bertujuan memperkenalkan budaya Aceh yang lahir dari Kabupaten Aceh Barat Daya.

Ribuan peserta itu dipandu langsung oleh Nazaruddin atau SyehYong, Nazar Apache 13, Hasyimi dan Umar.

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim dalam usai kegiatan mengatakan, Kegiatan hari ini untuk menghidupkan seni dasar bahwa Rapa'i Geleng merupakan kesenian asli Abdya.

"Kemudian acara ini juga bertujuan untuk membuat aktifitas anak-anak dan generasi kita lebih banyak, dengan target utama mereka terhindar dari narkoba," ungkap Akmal.

Akmal juga menyebut diciptakan berbagai aktivitas oleh pemerintah agar peluang-peluang kejahatan dan narkoba atau perilaku yang tidak terdidik bisa dijauhi oleh generasi muda.

"Untuk pesertanya sebanyak 2019, jumlah itu kita ambil sesuai dengan tahun HUT RI ke-74," pungkasnya.

Amatan ANTEROACEH.com dilokasi, ribuan masyarakat turut menyaksikan pengelaran Rapa'i Geleng masal, mereka rela berdesakan demi melihatRapa'i Geleng masalyang ditampilkan oleh 2019 peserta itu.

Komentar

Loading...