126 Korban Konflik di Lhoknga Terima Bantuan Sembako

126 Korban Konflik di Lhoknga Terima Bantuan Sembako

BANDA ACEH, ANTEROACEH.com – Sebanyak 126 korban konflik di Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar menerima sembako dalam acara maulid nabi Muhammad SAW yang berlangsung di masjid Istiqomah gampong Kueh, Sabtu (12/12/2020). 

Maulid yang diselenggarakan oleh Muspika Lhoknga bekerjasama dengan Kesbangpol pusat dan Kesbangpol Aceh Besar.

Dalam kesempatan itu hadir kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh Besar, Sofyan, Camat Lhoknga Sarbini, ketua MPU Kecamatan Lhoknga Tgk. Fauzi, Kapolsek Lhoknga Ipda Fauzi Atmaji dan Danramil Lhoknga Mayor Inf. Pariyanto.

Camat Syarbini dalam sambutannya mengatakan kegiatan maulid merupakan peringatan atas lahirnya nabi besar Muhammad SAW sekaligus ajang silaturahmi.

“Acara ini merupakan sebuah kegiatan silahturahmi antara Muspika Lhoknga dengan masyarakat, semoga dengan momentum ini dapat memperat ukuwah Islamiyah rasa persatuan dan kesatuan,” kata Syarbini.

Selain siraman rohani yang disampaikan oleh Tgk. Fauzi. Dalam kesempatan itu juga ikut disampaikan pencerahan wawasan kebangsaan oleh kepala Kesbangpol Aceh Besar, Sofyan.

Dalam penyampaiannya, Sofyan mengatakan Aceh sebagai daerah bekas konflik telah terikat pada sebuah perdamaian yakni; MoU Helsinki sebagai akhir sebuah konflik berkepanjangan yang menyengsarakan masyarakat Aceh selama ini. 

“Secara otomatis setelah konflik berlalu ada korban konflik yang masih tersisa seperti janda dan anak korban konflik dan mantan kombatan yang sebagian masih hidup pas-pasan, maka pada kesempatan ini juga diberikan sembako ala kadarnya,” kata Sofyan.

Dengan lahirnya MoU Helsinki pada 15 Agustus 2005 maka 

berakhir juga konfik di Aceh sehingga kita menjadi masyarakat biasa semua, tidak ada lagi perbedaan antara TNI-Polri, mantan kombatan dan masyarakat.

Tak hanya itu pasca konflik Aceh juga mendapat sejumlah keistimewaan yakni; adanya Partai lokal dan itu berkat perjuangan mantan kombatan sekaligus sebagai sarana saluran inpirasi.

“Kita berharap semua butir yang terkandng dalam MoU Helsinki dapat segera terealisasi. Saya yakin pada waktunya butir-butir tersebut akan segera terealisasi,” pungkas Sofyan.

Komentar

Loading...