Update COVID-19 Aceh

0 Terkonfirmasi
0 Dirawat
0 Sembuh
0 Meninggal

-

Sumber: -

12 Pelanggar Syariat Islam di Aceh Selatan Jalani Hukuman Cambuk

12 Pelanggar Syariat Islam di Aceh Selatan Jalani Hukuman Cambuk
Prosesi pelaksanaan hukuman cambuk terhdapap 12 pelanggaran syairat Islam di Aceh Selatan

TAPAKTUAN, ANTEROACEH.com –  Sebanyak 12 pelaku pelanggar syariat Islam di Aceh Selatan menjalani  hukuman cambuk, di halaman kantor Dinas Syariat Islam, Tapaktuan, Kamis (16/7/2020).

Pelaku dicambuk setelah terbukti bersalah melanggar qanun Nomor 6 Tahun 2014 tentang hukum jinayat.

Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejari Aceh Selatan, Rista Zullibar, SH mengatakan, jumlah cambuk yang diterima oleh terpidana jinayah berbeda-beda, mulai dari 10 kali hingga yang paling banyak mencapai 128 kali cambuk.

"Kalau untuk saudari Erna, hukuman cambuk sebanyak 18 kali. Sedangkan terhukum Wawan, Sarwo Edi, Rahman, dan Mulya Fazri,  masing-masing 30 kali setelah dipotong masa tahanan," rinci Rista.

Lebih lanjut ia menjelaskan, yang paling banyak menerima hukuman cambuk yakni Tarmizi. Atas perbuatannya itu, ia harus menerima 128 kali cambuk.

"Jadi jumlah keseluruhan penerima hukuman cambuk berjumlah 12 orang. Dimana 10 dari wilayah hukum Kejaksaan Negeri Aceh Selatan dan 2 dari wilayah hukum Cabjari Bakongan," jelasnya.

Rista menerangkan, dari 10 perkara di wilayah hukum Kejaksaan Aceh Selatan, untuk terhukum atas nama Tarmizi sempat terjadi kendala. Sebab, kata dia, terhukum mengalami penyakit hipertensi.

"Untuk hari ini, jumlah cambuk yang diterima olehnya sebanyak 128 kali sudah dilaksanakan. Prosesi hukum cambuk kali ini terhadap 12 perkara berjalan lancar tampa ada kendala dan hambatan apapun. Setelah selesai dicambuk, semua terhukum langsung bebas," pungkasnya.

Komentar

Loading...